7 Cara Public Relations Saat Menghadapi Klien - Gorental.co.id

7 Cara Public Relations Saat Menghadapi Klien

7 Cara Public Relations Saat Menghadapi Klien

Photo by Evangeline Shaw on Unsplash

Dalam sebuah hubungan bisnis, pekerjaan seorang public relations kemungkinan besar akan banyak bertemu dan berhungan dengan klien atau partner bisnis. Dengan menjalin hubungan baik dengan klien ataupun partner bisnis akan memudahkan perusahaan menjalin kerjasama dan dapat mencapai kesepakatan yang akan menghasilakan keuntungan dari dua belah pihak.

Adanya tugas dari seorang public relations adalah untuk dapat menjalin hubungan bisnis dengan menghadapi klien dan beberapa partner bisnis. Ada beberapa tips cara untuk menghadapi klien atau partner bisnis:

  1. Tampilkan Kesan Profesional dari Penampilan Fisik

Penampilan fisik yang professional sangat berpengaruh pada setiap pertemuan dengan klien ataupun partner bisnis. Dengan penampilan fisik dari setelan pakaian dan riasan yang rapi serta elegan akan lebih memperihatkan kesan yang professional dan tidak main-main. Buatlah rencana untuk penampilan Anda di setiap pertemuan dengan klien untuk menghindari saltum (salah kostum).

  1. Tunjukan Sikap Hormat dan Menghargai

Tunjukan sikap hormat dan mengharhai pada setiap pertemuan dengan Klien. “Klien adalah raja”, ungkapan tersebut bisa ditanamkan dalam pikiran untuk menjauhi sikap yang kurang sopan dan tidak menghargai yang dapat membuat pembatalan hubungan bisnis atau kerja sama. Bagaimanapun hubungan bisnis atau kerja sama yang berakhir sepihak atau tidak baik dapat berakibat buruk untuk perusahaan.

  1. Berikan Kesan Pertama yang Menarik

Kesan pertama adalah kunci untuk membuka pintu kesempatan menjalin hubungan kerja sama dan bisnis. Maka dari itu, seorang public relations dituntut untuk ahli dalam memberikan kesan pertama yang baik. Selain itu, menampilkan kesan pertama yang menarik akan memberikan  dampak positif bagi hubungan bisnis dan kerja sama dengan klien.

  1. Berbicara dengan Jelas, Detail dan Terarah

Memberikan penjelasan mengenai berbagai hal yang ingin dijelaskan atau disampaikan oleh perusahaan kepada klien mereka, menjadi salah satu tugas dari seorang public relations. Untuk itu seorang public relations dituntut untuk dapat mempelajari lalu menjelaskan suatu topik yang menjadi pembahasan kepada partner bisnis ataupun klien. Keahlian yang dibutuhkan dalam ha ini adalah komunikasi, yang dimana seorang public relations haruslah dapat menjelaskan dan berbicara jelas, detail serta terarah.

  1. Kenali Karakter Partner Bisnis ataupun Klien Anda

Mengenal siapa partner bisnis ataupun klien kita menjadi suatu hal yang sangat penting. Dalam menjalani hubungan bisnis ataupun kerja sama, seorang public relations harus mengenali bagaimana karakter dari partner bisnis atau Klien yang akan dihadapi. Hal itu dapat membantu mempermudah komunikasi serta mempererat hubungan kerja sama.

  1. Catat atau Tulislah Beberapa Hal Penting dari Pembicaraan

Catat atau tulislah beberapa hal penting dalam diskusi pertemuan dengan partner bisnis ataupun klien. Tujuannya agar seorang public relations dapat meringkas serta mengingat segala hal yang dibahas dalam diskusi tersebut. Selai itu, menulis ataupun mencatat hal penting atau hal yang diinginkan klien akan memberikan kesan memperhatikan dan menghargai segala saran ataupun request.

  1. Utarakan Kesimpulan untuk Mengakhiri Diskusi dengan Jelas dan Sopan

Diakhir pembicaraan atau pembahasan dalam sebuah diskusi dengan klien, seorang public relations perlu untuk mengutarakan kesimpulan. Tujuannya untuk memperjelas kesepakatan yang dibuat. Akhiri sebuah diskusi dengan sopan sehingga, akan terjalin hubungan yang harmonis antara klien dan perusahaan.

Share this post