fbpx

Ketahui Pekerjaan Seorang Admin Secara Umum dalam Perusahaan

Ketahui Pekerjaan Seorang Admin Secara Umum dalam Perusahaan

Photo by Studio Republic on Unsplash

Seorang administrator atau lebih dikenal dengan sebutan admin memiliki peran yang penting dalam suatu perusahaan. Tugas dan tanggung jawab yang tidak sedikit membuat seorang admin haruslah cekatan dalam setiap kesempatan. Seacar umum tugas dan tanggung jawab seorang admin meliputi sebagai berikut:

  1. Mengelola Dokumen

Seorang admin sangat erat hubungannya dengan mengeola berbagai administrasi. Salah satu tugas seorang admin yaitu mengelola dokumen perusahaan. Dokumen yang dikelola biasanya berupa dokumen umum perusahaan atau dokumen pribadi pegawai lainnya. Dimulai dari pengumpulan, penyusunan, sampai pengarsipan dokumen adalah hal yang dilakukan oleh seorang admin.

  1. Menjalin Komunikasi ke Pihak Luar Seperti Klien

Secara umum seorang admin dapat menjadi perantara komunikasi antara pihak luar seperti klien atau supplier dengan perusahaan. Biasanya komunikasi yang melalui telefon, surat menyurat atau melalui email. Seorang admin akan menerima pesan dari pihak luar dan disampaikan atau diteruskan ke pihak internal seperti manager atau divisi lainnya.

  1. Menyiapkan Berbagai Keperluan Kantor

Hal yang menjadi salah satu tugas admin adalah menyiapkan berbagai keperluan kantor seperti menyiapkan alat tulis kantor. Seorang admin akan menyiapkan dan memeriksa keperluan kantor. Selain itu, seorang admin juga ditugaskan untuk memeriksa beberapa hal yang dibutuhkan perusahaan untuk di control atau untuk dipastikan ketersediaannya.

  1. Memastikan Semua Berjalan Sesuai dengan Jadwal

Salah satu tugas dari admin juga adalah membuat agenda kantor. Seorang admin bertanggung jawab untuk memastikan semua berjalan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan semua berjalan sesuai dengan jadwal adalah dengan koordinasi yang baik. Seorang admin akan mengkoordinasikan suatu jadwal kantor ke berbagai divisi agar semua dapat berjalan sesuai dengan jadwal.

  1. Membuat Dokumen

Membuat beberapa dokumen juga menjadi salah satu tugas dari seorang admin. Seperti menyiapkan laporan beberapa dokumen yang diminta. Seorang admin akan sering diminta untuk menyiapkan laporan yang diminta. Seringkali seorang admin juga diminta untuk membuat beberapa dokumen untuk beberapa keperluan umum perusahaan.

Nah itulah tugas dan tagung jawab pokok seorang admin. Dengan berbagai tugas yang disebutkan, sebetulnya setiap perusahaan memiliki admin di beberapa divisi dan punya tugas yang berbeda.

Pada perusahaan tertentu, tugas admin tergantung dari posisi dimana ia ditempatkan seperti admin distributor akan berbeda pekerjaanya dengan admin produksi. Jadi tugas yang disebutkan diatas adalah tugas seorang admin secara umumnya saja. Untuk tugas secara spesifiknya akan tergantung dari posisi penempatannya.

Share this post